Senin, 05 April 2010

Sekilas tentang KIM Mawar Melati

Pada saat ini dan masa-masa mendatang keberadaan informasi merupakan sesuatu yang sangat strategis. Informasi dibutuhkan dalam segala bidang sebagai suatu bahan penyusunan stategi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. Bahkan terdapat ungkapan ”bahwa siapa yang menguasai informasi akan menguasai dunia”.

Informasi bagi masyarakat juga merupakan suatu kebutuhan yang penting. Pembangunan sumberdaya manusia yang dalam hal ini adalah masyarakat dapat diawali dari mencerdaskan masyarakat melalui penguasaan informasi. Sumber-sumber informasi dewasa ini sangat mudah didapatkan oleh masyarakat. Dalam hal informasi juga diperlukan adanya pembinaan kepada masyarakat sebagai upaya pengawalan/pendampingan agar kemudahan akses informasi tidak menimbulkan dampak negatif. Salah satu sumber informasi dan sekaligus berfungsi sebagai unsur pembinaan adalah pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

KIM ini sebagai salah satu unsur agen penyebarluasan informasi yang betujuan membangun masyarakat melalui penguasaan informasi. KIM dapat sebagai sumber informasi bagi masyarakat desa, oleh karena itu keberadaan KIM menjadi sesuatu perlu dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya agar selalu mengikuti dan mimliki penguasaan informasi yang terkini dan akurat.

KIM Mawar Melati di Desa Japan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto dengan nama ”Mawar Melati” dibentuk dengan tujuan seperti di atas yaitu sebagai agen penyebarluasan informasi kepada masyarakat baik dalam hal pembangunan maupun pengembangan usaha.

Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Desa Japan Kecamatan Sooko dibentuk melalui Keputusan Kepala Desa Japan Nomor : 411.42/01/416-428.09/2006 tentang Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Desa Japan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar